Jumat, 03 April 2015

Review Ada Surga di Rumahmu


Ada Surga di Rumahmu adalah film drama religi yang berkisah tentang ridho orang tua. Film yang diproduksi oleh Mizan Production dan Nava Production ini mengisahkan tentang seorang anak nakal di masa kecilnya yang berubah menjadi orang baik pada saat dewasa.

Diadaptasi dari novel karya Uztadz Alhabsyi berjudul sama, Ada Surga di Rumahmu menyuguhkan kisah inspiratif dan mencerahkan. Pesan yang saya terima setelah menyaksikan film yang disutradarai oleh Aditya Gumay ini adalah kenakalan itu bisa berubah, asalkan ada usaha, dukungan dan doa dari orang-orang tersayang.

Film yang dibintangi oleh Husein Alatas, Ustadz Alhabsyi, Nini Septiani dan  diramaikan juga oleh penampilan Zee Zee Shihab ini juga menghadirkan kisah tentang ketidaksempurnaan dan kekurangan untuk mencapai cita.

Dalam tayangannya, ada adegan-adegan yang menceritakan tentang kisah-kisah inspiratif para sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat mencintai ibunya dan telah melakukan yang terbaik untuk ibunya serta dakwah yang bisa mengingatkan kita untuk tetap berada di "jalan yang lurus".

Eksekusi yang sangat baik

Adegan-adegan yang ditampilkan pada film yang diproduseri oleh Putut Widjanarko dan Avesina Soebli, Nadjmi Zen ini sangat halus. Maksudnya, transisi antara adegan menyenangkan, lucu, religius dan sedih berlangsung dengan sangat apik. Mampu memainkan perasaan dan emosi penonton tanpa terasa, khususnya saya yang merasa senang, sedih dan bahkan meneteskan air mata dalam jarak antar kisah yang berdekatan.

Gokil, saya menghitung ada tiga adegan sedih pada film ini. Dan satu adegan yang membuat menetekan air mata karena ingat dosa terhadap orang tua.

Latar belakang indah

Film yang mengisahkan kehidupan para santri di pesantren ini juga menghadirkan keindahan Sungai Musi, Sumatra Selatan, yang luas dan indah beserta kearifan lokal yang bagus untuk dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari di perkotaan.

***

Ada Surga di Rumahmu merupakan film yang harus disaksikan oleh semua orang yang sayang dengan orang tua, khususnya ibu.

Setelah menyaksikan film reliji ini saya langung berniat untuk jadi pribadi yang lebih baik (tobat coy), diridhoi dan tak meremehkan seseorang dengan finansial kurang. Kebaikan dapat datang dari manapun, termasuk dari orang yang secara usia dan kekayaan jauh di bawah kita.

Judul dari film ini ditentukan bukan tanpa alasan, karena maksud dari judul Ada Surga di Rumahmu adalah dalam rangka mendapatkan ridho Allah tidak harus pergi jauh mencari kebaikan hingga ke negeri seberang atau berkorban banyak harta untuk diberikan kepada orang lain, karena ridho Allah ada di sekitar kita, di rumah, pada orang tua, khususnya ibu.

Berikan yang terbaik untuk orang tua selagi ia masih hidup, sehingga anda tidak akan menyesal di kemudian hari.

Demikianlah ulasan saya mengenaik Ada Surga di Rumahmu.

Skor 7/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar