Jumat, 06 Maret 2015

Review Love and Faith, Kerja Keras Tanpa Batas


Love and Faith merupakan sebuah film karya Benni Setiawan yang diproduksi oleh Emotion Entertainment. Film ini diadaptasi dari kisah nyata pengusaha sukses Indonesia yang merupakan pendiri Bank NISP atau saat ini bernama Bank OCBC NISP.

Film yang sudah tayang di biokop mulai 5 Maret 2015 ini berlatar belakang pada tahun Indonesia ketika baru merdeka. Pada saat perekonomian sedang porak-poranda akibat nilai mata uang Rupiah yang turun drastis. Penduduk yang merasa uangnya menjadi tak berharga mengajukan protes dan demonstrasi di berbagai bank di Indonesia.

Kerja keras

Tokoh utama pada film ini Kwee Tjie Hoei (Rio Dewanto) digambarkan sebagai sosok yang sangat kerja keras. Namun dibalik itu, ia memiliki sikap yang baik hati dan suka menolong. Dengan sikapnya itu, ia mendapatkan berbagai kesempatan untuk mencapai tujuan.

Sayangnya, ia memiliki idelisme yang sangat kuat sehingga banyak juga kesempatan-kesempatan yang dilepas olehnya demi menjaga idealismenya.

Sedikit kisah cinta

Drama percintaan pada film ini tidak sebanyak yang saya kira. Kwee dengan mudah mendapatkan hati Lim Kwei Ing (Laura Basuki) dan sang ayah pun tidak ada keraguan untuk menyerahkan putrinya itu kepadanya. Kurang drama, jadi kisah cinta pada film ini dirasa kurang seru.

Hanya saja, sebagai seorang istri yang datang dari keluarga kaya raya, Ing merupakan istri yang sangat tabah dan mendukung sang suami. Walaupun ia lebih mapan dari sang suami, namun ia berusaha untuk tidak memberikan tekanan kepada Kwee. Hal yang harus dicontoh oleh setiap istri di Indonesia.

Keyakinan

Hal ini yang paling penting pada film ini di mana porsinya lebih banyak dari drama cintanya. Dengan pekerjaan yang mapan di pabrik, ia berani mengambil resiko untuk menangani bank yang sedang kacau balau dengan para oknum yang semakin membuat bank itu bangkrut.

Sebagai lulusan SMA dan tidak memiliki pengetahuan apa-apa mengenai bank, Kwee memiliki keyakinan bahwa ia bisa. Minimal untuk mencoba demi mengembalikan bank milik keluarga istrinya, Ing, ke kondisi yang stabil.

Nah, di sinilah perjuangan Kwee yang sangat besar. Kerja keras tanpa batas yang pada akhirnya membuatnya gila sementara.

Akhir kurang

Padahal kisah di film yang dibintangi juga oleh Dion Wiyoko, Ferry Salim dan Verdi Solaiman ini sangat seru dan inspiratif. Namun sayangnya, kebanyakan yang ditampilkan adalah sisi susah dari sang tokoh utama.

Spoiler alert! Hal yang membuat saya agak kecewa adalah kesuksesan dari Kwee dalam menangani masalah di bank tidak ditamilkan dalam adegan di film. Kisah sukses sang pendiri dan istrinya hanya disuguhkan dalam bentuk tulisan dan foto di akhir film dengan menampilkan sosok asli Kwee Tjie Hoei dan Lim Kwei Ing.

Andaikan saya ditampilkan cara ia menyelesaikan masalah dan sukses, pasti akan menjadi inspirasi yang sangat besar bagi penonton.

***

Salah satu adegan yang membuat saya merasa ini jadul banget adalah ketika gaji IDR 1.800 dibilang sudah lebih dari cukup. Gokil, nilai segitu saat ini cuma cukup untuk bayar parkir doank kali, malah kurang IDR 200. Hahah.

Demikian lah ulasan saya mengenai Love and Faith. Apabila anda ingin mengetahui perjuangan orang biasa, bisa dikategorikan miskin, untuk meraih kesuksesan maka film yang disuguhkan dalam suasana yang sangat klasik ini sangat saya rekomendasikan.

Skor 7/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar